MUSRENBANG KAMPUNG SABRON SARI TAHUN ANGGARAN 2019.

Kepala Distrik Sentai Barat, mendampingi  Kepala Kampung Sabron Sari dan Ketua Bamuskam Sabron Sari di meja pimpinan.

Sabron Sari. Bertempat di Balai Penimbangan Pos Yandu, Pemerintah Kampung Sabron Sari telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun Anggaran 2019. Sabron Sari (03/12/2018).

Acara musrenbang  tersebut  menghadirkan, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, Kader Pos Yandu, Kader PKK, Para Komite Sekolah yang ada di kampung, Kepala sekolah TK, Kepala Sekolah SD, Para ketua RT dan RW, Ketua Bamuskam dan anggota serta Pemerintah Kampung.

Kader Kampung,  Ibu Rita Fangohoy memaparkan matriks RPJMK di tahun ke 5/2019.

 

Acara Musrenbang tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Distrik Sentani Barat, Bpk. Oktovianus Sabrandi, SE. Dalam kata sambutannya Bpk Oktovianus menyampaikan apresiasinya karena walaupun waktu pelaksanaan dan jadwal kegiatan yang diberikan sangat dekat,  Kampung Sabron Sari bisa menyiapkan segala dokumen untuk pelaksanaan musrenbang.

Dalam kata sambutannya yang lain beliau menambahkan bahwa Kampung Sabron Sari sudah bisa berbangga karena memiiki pasar kampung yang cukup bagus, dan sedikit lagi akan memiliki gedung serbaguna, ini membuktikan bahwa Pemerintah Kampung Sabron Sari sudah bisa melaksanakan dan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung dengan baik.

“Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan dan menjadi acuan, sesuai dengan pencanangan Wilayah Distrik Sentani Barat sebagai Daerah Agrowisata, dan berkaitan dengan pelaksanaan PON ke XX di  Provinsi Papua, maka dharapkan hasil musrenbang ini bisa mengakomodir apa yang menjadi tujuan bersama di wilayah Distrik Sentani Barat,”ujar Bpk Oktovianus.

Dalam pembahasan musrenbang, Pemerintah Kampung meberikan acuan untuk menjadi panduan dalam menentukan program dan kegiatan dalam tiap bidangnya, yaitu : 1. Melihat dokumen RPJM Kampung, 2. Mereview atau meninjau kembali kegiatan yang belum terlaksana di tahun sebelumnya, 3. melaksanakan kebijakan dari Kabupaten atau Distrik dan keluaran yang diharapkan adalah adanya  Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Kampung yang sejalan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung dan Daftar Usulan yang akan dibawa dalam musrenbang tingkat distrik.

Kepala Kampung Sabron Sari, Bpk Marwan Hasyim dalam kata sambutannya menyampaikan perlunya kerja sama yang baik antara warga masyarakat dan pemerintah kampung, karena beliau beralasan bahwa pembangunan dikampung tidak akan berjalan dengan baik tanpa kerja sama yang baik pula, terutama dalam mengawal setiap pelaksanaan program pembangunan di kampung.

Dari hasil pembahasan musrenbang,  Anggaran Pendapatan untuk Kampung Sabron Sari di tahun 2019 berjumlah Rp. 1.454.124.000,-(satu milyar empat ratus lima puluh empat juta seratus dua puluh empat ribu rupiah) jumlah ini lebih besar karena ada 2 (dua) tahun anggaran dari dana Prospek (APBD I) yang belum direalisasikan.

Sedangkan untuk Belanja Kampung direncanakan meliputi : 1. Bidang Penyelenggaraan Pemerintah sebanyak 34 % atau Rp. 495.071.750,- 2. Bidang Pelaksanaan Pembangunan sebesar 43,3 % atau Rp. 629.650.750,- 3. Bidang Pembinaan Masyarakat sebesar 11,7 % atau 169.842.500 dan 4. Bidang Pemberdayaan sebesar Rp. 11 % atau Rp. 159.559.000,-

Ketua Bamuskam Sabron Sari menutup acara Musrenbang Kampung Sabron Sari.

Ketua Bamuskam Sabron Sari, Bpk. Kristian Mehue, berkesempatan  menutup acara musrenbang Kampung Sabron Sari untuk tahun anggaran 2019. Dalam kata penutupan beliau berterima kasih atas kerja sama seluruh komponen masyarakat yang hadir dalam memberikan sumbang dan saran sehingga  Musrenbang Kampung Sabron Sari bisa terlaksana dengan sukses. (M2)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*